Tautan-tautan Akses

Menlu Birma akan Kunjungi Jepang, Bicarakan Pemulihan Bantuan


Menlu Birma, Wunna Maung Lwin akan berkunjung ke Jepang untuk membicarakan pemulihan bantuan pembangunan (foto:dok).

Menlu Birma, Wunna Maung Lwin akan berkunjung ke Jepang untuk membicarakan pemulihan bantuan pembangunan (foto:dok).

Wunna Maung Lwin akan melawat ke Jepang untuk membicarakan pemulihan bantuan yang sempat dikurangi saat pemerintah Birma memenjarakan tokoh pro-demokrasi Aung San Suu Kyi.

Menteri Luar Negeri Birma Wunna Maung Lwin akan tiba di Jepang hari Kamis dalam kunjungan pertama dalam 10 tahun ke negara itu. Diperkirakan Menlu Wunna Maung Lwin akan membicarakan perihal kekayaan mineral Birma dan dilanjutkannya bantuan pembangunan Jepang untuk Birma.

Kunjungan menteri luar negeri itu merupakan langkah baru pemerintah Birma untuk berdialog dengan para pengeritiknya di dalam negeri dan memperkuat hubungan dengan negara-negara lain.

Pekan lalu, Birma membebaskan kira-kira 200 dari lebih 2.000 tahanan politiknya.

Jepang adalah negara donor yang memberikan bantuan terbesar untuk Birma. Bantuan itu sempat dipotong ketika pemerintah Birma memenjarakan pemimpin pro-demokrasi Aung San Suu Kyi di tahun 2003.

Sebagian bantuan pembangunan dipulihkan kembali bulan Juni yang lalu. Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan bantuan tersebut dapat lebih ditingkatkan apabila tahanan politik dibebaskan.

XS
SM
MD
LG