Tautan-tautan Akses

Menlu AS Tiba di Arab Saudi untuk Bicarakan Konflik Kawasan


John Kerry dan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Naif bin Abdulaziz. Jeddah, Saudi Arabia (Saudi Press Agency via AP)

John Kerry dan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Naif bin Abdulaziz. Jeddah, Saudi Arabia (Saudi Press Agency via AP)

John Kerry bertemu dengan beberapa pemimpin Saudi, termasuk Raja Salman, untuk membicarakan konflik di Suriah, Libya dan Yaman.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry tiba di Arab Saudi Sabtu malam, menyiapkan babak baru pembicaraan pekan ini mengenai konflik di Suriah, Libya, dan Yaman.

Kerry bertemu hari Minggu di Jeddah dengan beberapa pemimpin Saudi, termasuk Raja Salman, untuk membicarakan konflik kawasan itu.

Kemudian, diplomat tertinggi Amerika itu akan terbang ke Wina dimana ia dan Menteri Luar Negeri Italia Paolo Gentiloni bersama-sama menjamu pertemuan menteri mengenai keamanan dan dukungan pada pemerintah baru Libya.

Negara-negara kuat Barat berharap Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya dapat menyatukan negara itu, yang telah berada dalam kekacauan sejak pemimpin Moammar Gaddafi digulingkan dan dibunuh tahun 2011.

Hari Selasa, kelompok 17 negara pendukung Suriah (ISSG) akan mengadakan pertemuan di Wina untuk membicarakan pembicaraan politik yang macet, kesulitan mempertahankan gencatan senjata bulan Februari dan hasil pengiriman bantuan kemanusiaan PBB yang tidak merata.

Namun, kemajuan militer pemerintah Suriah belakangan ini kemungkinan akan mengurangi kemampuan memulai kembali pembicaraan politik yang dipandang sebagai harapan terbaik untuk mengakhiri perang. [gp]

XS
SM
MD
LG