Tautan-tautan Akses

Menlu AS Teruskan Pembicaraan Koalisi untuk Perangi ISIS


Menlu AS John Kerry meninggalkan Kairo menuju Paris dalam usahanya menggalang koalisi internasional melawan ISIS.

Menlu AS John Kerry meninggalkan Kairo menuju Paris dalam usahanya menggalang koalisi internasional melawan ISIS.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry di Paris pada persinggahan terbaru perlawatannya untuk menggalang usaha koalisi internasional melawan kaum militan Negara Islam di Irak dan Suriah atau ISIS.

Menteri Kerry terbang ke Paris dari Kairo Sabtu malam menjelang konferensi internasional, Senin, yang bertujuan untuk meningkatkan usaha memerangi kelompok militan. Hampir 40 negara sejauh ini telah sepakat untuk bergabung dalam usaha itu, dalam bentuk tertentu, termasuk beberapa negara Arab.

Hari Minggu, Perdana Menteri Australia Tony Abbot mengatakan, Australia segera akan menempatkan 600 personil militer dan beberapa jet tempur ke wilayah itu guna menanggapi permintaan resmi dari Amerika bagi bantuan internasional.

Di Mesir, Menteri Kerry mengatakan, hanya tinggal masalah waktu sebelum ancaman terorisme di manapun menjadi ancaman terorisme di mana-mana. Menteri Kerry berbicara di Kairo setelah pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukri.

Menteri Kerry mengatakan, golongan jihadis Negara Islam menyatakan perang atas nama Islam, tetapi mengemukakan kegiatan kelompok itu tidak ada kaitannya dengan Islam. Dikatakannya, “Pesan kebenciannya itu ditolak” oleh mayoritas umat Islam di seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG