Tautan-tautan Akses

Menlu AS Temui PM Israel di Yerusalem


Menlu AS John Kerry (kanan) dan Utusan Khusus untuk Negosiasi Palestina-Israel Martin Indyk di bandara Ben Gurion, Tel Aviv, Israel (15/9).

Menlu AS John Kerry (kanan) dan Utusan Khusus untuk Negosiasi Palestina-Israel Martin Indyk di bandara Ben Gurion, Tel Aviv, Israel (15/9).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry berada di Yerusalem untuk menyampaikan perkembangan terbaru terkait Suriah kepada PM Benyamin Netanyahu, Minggu (15/9).

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, sebelum pertemuan Minggu (15/9) tersebut, menyatakan harapannya bahwa persetujuan baru antara Amerika Serikat dan Rusia mengenai senjata kimia Suriah akan berakhir dengan hancurnya seluruh persediaan senjata kimia Suriah.

Setelah kunjungan singkat di Israel, Menlu AS John Kerry dijadwalkan akan bertolak ke Paris hari Senin (16/9), untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Perancis, Inggris, dan Arab Saudi, membahas isu Suriah.

Sementara itu, Sekjen PBB Ban Ki-moon menyatakan harapan bahwa persetujuan itu akan disusul upaya untuk mengakhiri penderitaan rakyat Suriah. Namun kelompok-kelompok oposisi Suriah mengatakan, prakarsa tersebut tidak cukup.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengatakan ia dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov sependapat bahwa Suriah harus memberikan hak untuk menginspeksi semua lokasi senjata kimianya. Nantinya, semua senjata kimia Suriah akan dihancurkan di luar negara itu.
XS
SM
MD
LG