Tautan-tautan Akses

Menlu AS Temui Pejabat Palestina di Tengah Upaya Resolusi PBB


Menlu AS John Kerry dan ketua tim perunding Palestina, Saeb Erekat (kiri) saat bertemu di Ramallah, Tepi Barat, 4 Januari 2014 (Foto: dok).

Menlu AS John Kerry dan ketua tim perunding Palestina, Saeb Erekat (kiri) saat bertemu di Ramallah, Tepi Barat, 4 Januari 2014 (Foto: dok).

Menlu Amerika Serikat John Kerry dijadwalkan bertemu dengan ketua Liga Arab, Nabil Elaraby, Selasa (16/12), sehari sebelum para diplomat Palestina menyatakan proposal resolusi tersebut dapat diajukan kepada DK PBB.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry bertemu dengan ketua tim perunding Palestina Saeb Erekat menjelang diajukannya sebuah kerangka resolusi yang akan menegaskan batas waktu penarikan mundur Israel dari wilayah-wilayah Palestina.

Perundingan di London itu menyusul upaya Kerry yang melibatkan banyak pihak dalam meninjau situasi, mencakup perundingan dengan PM Israel Benyamin Netanyahu di Roma dan menteri-menteri luar negeri Perancis, Inggris dan Jerman di Paris.

Menlu Kerry juga dijadwalkan bertemu dengan ketua Liga Arab, Nabil Elaraby, hari Selasa (16/12), sehari sebelum para diplomat Palestina menyatakan, proposal resolusi tersebut dapat diajukan kepada DK PBB.

Sebuah pemungutan suara kemungkinan dapat dilakukan hari Kamis, meskipun penjadwalan usulan resolusi tersebut masih belum pasti dan pelaksanaan pemungutan suara masih belum dijamin akan berlangsung.

Proposal yang diedarkan oleh Yordania itu, menetapkan batas waktu dua tahun bagi diakhirinya pendudukan Israel. Sebuah proposal lain yang sedang dibahas oleh Prancis, Inggris dan Jerman akan hanya menetapkan tenggat waktu bagi resolusi perundingan perdamaian.

XS
SM
MD
LG