Tautan-tautan Akses

Menlu AS Soroti Isu HAM di Nigeria Utara


Menlu AS John Kerry (kiri) dan Menlu Ethiopia Tedros Adhanom berjabat tangan seusai menggelar pertemuan dengan pers di Addis Ababa, Ethiopia (25/5).

Menlu AS John Kerry (kiri) dan Menlu Ethiopia Tedros Adhanom berjabat tangan seusai menggelar pertemuan dengan pers di Addis Ababa, Ethiopia (25/5).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry untuk pertama kalinya secara resmi berkunjung ke sub-Sahara Afrika dan menghadiri peringatan ke-50 tahun Uni Afrika.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan Nigeria harus menghormati HAM di saat negara itu berupaya membongkar jaringan ekstremis Islam. Kerry juga berjanji untuk bekerja keras dalam beberapa bulan mendatang, untuk membantu meredakan ketegangan antara Sudan dan Sudan Selatan.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry untuk pertama kalinya berkunjung ke sub-Sahara Afrika sebagai menteri luar negeri Amerika dan menghadiri peringatan ke-50 tahun Uni Afrika.

John Kerry mengatakan pemerintah Nigeria berhak memerangi terorisme, namun pasukannya tidak boleh terlibat dalam melakukan tindak kekejaman. Pejabat-pejabat Amerika mengatakan keyakinan mereka, bahwa telah terjadi pelanggaran berkelanjutan di Nigeria utara, sementara Presiden Goodluck Jonathan telah menyatakan keadaan darurat di wilayah itu.

John Kerry juga menyalahkan pemerintah Sudan atas berbagai ketegangan di sepanjang daerah perbatasan yang sering bergolak dengan Sudan Selatan. Kerry mengatakan penduduk disana tidak ingin dikenakan aturan-aturan agama Islam yang ketat.
XS
SM
MD
LG