Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Perundingan Damai Suriah Diperkirakan Juni


Menlu AS John Kerry berbicara dalam lawatannya di Stockholm, Swedia hari Selasa (14/5).

Menlu AS John Kerry berbicara dalam lawatannya di Stockholm, Swedia hari Selasa (14/5).

Menlu AS John Kerry mengatakan Rusia telah memberitahunya bahwa pemerintah Suriah telah menyampaikan nama-nama calon perunding.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan ia memperkirakan pemerintah Suriah dan koalisi oposisi utama akan menghadiri konferensi perdamaian awal bulan Juni, dengan tujuan mengakhiri konflik selama dua tahun.

Berbicara dalam lawatannya ke Stockholm hari Selasa, John Kerry mengatakan Rusia telah memberitahunya bahwa pemerintah Suriah telah menyampaikan nama-nama calon perunding. Rusia adalah sekutu lama Presiden Suriah Bashar Al Assad.

Diplomat tertinggi Amerika itu mengatakan anggota-anggota kelompok oposisi Koalisi Nasional Suriah yang didukung Barat juga berencana untuk ikut serta dalam konferensi itu.

Rusia dan Amerika pekan lalu sepakat mengupayakan perundingan damai meskipun mereka berselisih tajam soal apakah Presiden Assad seharusnya tetap berperan pada masa depan Suriah atau tidak.

Amerika telah sejak lama berkeras bahwa Presiden Assad seharusnya mengundurkan diri karena memimpin penumpasan berdarah terhadap para pembangkang.
XS
SM
MD
LG