Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS, Perancis, Arab Saudi Bahas Perundingan Nuklir Iran


Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Para perunding dari Iran dan kelompok internasional telah berada di Wina dalam usaha untuk mengakhiri pembicaraan satu tahun dengan persetujuan yang menyeluruh.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry bertemu Kamis (20/11) di Paris dengan menteri luar negeri Perancis dan Arab Saudi untuk membicarakan perundingan yang sedang berlangsung mengenai program nuklir Iran.

Para perunding dari Iran dan kelompok internasional yang mencakup Amerika Serikat, Inggris, China, Perancis, Rusia dan Jerman telah berada di Wina dalam usaha untuk mengakhiri pembicaraan satu tahun dengan persetujuan yang menyeluruh. Batas waktunya adalah Senin.

Sepanjang proses itu, para pejabat dari kedua pihak telah memberi berbagai tingkat harapan dan ketidakpastian mengenai apakah mereka akan mencapai persetujuan yang memastikan program nuklir Iran damai, sementara memberi Iran kelonggaran dari sanksi internasional yang telah menghambat ekonominya.

Kerry akan turut dalam pembicaraan di Wina, tetapi direktur pers Departemen Luar Negeri Amerika, Jeff Rathke, mengatakan Rabu waktu kedatangannya belum diputuskan.

XS
SM
MD
LG