Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Optimis Soal Kesepakatan Nuklir dengan Iran


Menlu AS John Kerry di Gedung Capitol, Washington DC (Foto: dok).

Menlu AS John Kerry di Gedung Capitol, Washington DC (Foto: dok).

Presiden Barack Obama mengatakan hari Selasa (14/4), dia akan menandatangani sebuah RUU yang kini dibahas di Kongres.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan hari Rabu, dia yakin akan mencapai sebuah persetujuan nuklir final dengan Iran, setelah Presiden Barack Obama berjanji akan menandatangani sebuah RUU yang akan memungkinkan persetujuan itu ditinjau oleh Kongres.

Kerry berbicara menjelang sebuah pertemuan para menteri luar negeri Kelompok Tujuh di Jerman yang diduga akan mencakup pembahasan perundingan, yang menghasilkan sebuah persetujuan kerangka kerja sebelumnya bulan ini.

"Kami yakin akan kesanggupan kami untuk presiden merundingkan sebuah persetujuan, dan untuk melaksanakan hal itu dengan kemampuan membuat dunia lebih aman," ujar Kerry.

Presiden Barack Obama mengatakan hari Selasa, dia akan menandatangani sebuah RUU yang kini dibahas di Kongres, yang mewajibkan persetujuan nuklir final diulas di Kongres dengan kemungkinan sebuah pemungutan suara menyetujui atau menolak perjanjian tersebut.

Komisi Hubungan Luar Negeri Senat meluluskan RUU itu hari Selasa setelah dicapai kompromi kedua partai yang menyerukan sebuah periode pemeriksaan 30 hari untuk kemudian bagi presiden mensertifikasi setiap 90 hari Iran menepati persetujuan tersebut dalam membatasi kegiatan nuklirnya.

Sanksi-sanksi yang ditetapkan Kongres akan segera diberlakukan kembali jika terjadi pelanggaran. RUU tersebut kini sedang diajukan untuk disetujui DPR dan Senat.

XS
SM
MD
LG