Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Minta Kongres Tak Beri Sanksi Baru pada Iran


Menteri Luar Negeri AS John Kerry dalam jumpa pers pada akhir pembicaraan mengenai nuklir Iran di Jenewa (10/11). (AP/Jason Reed)

Menteri Luar Negeri AS John Kerry dalam jumpa pers pada akhir pembicaraan mengenai nuklir Iran di Jenewa (10/11). (AP/Jason Reed)

John Kerry mengatakan bahwa pemberlakuan sanksi baru bagi Iran di tengah perundingan internasional adalah keliru.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry akan mengingatkan para anggota Kongres Amerika, Rabu (13/11), agar jangan mengenakan sanksi baru terhadap Iran sementara perundingan internasional atas program nuklirnya diteruskan.

Kerry akan memberi keterangan kepada komisi perbankan Senat, dan juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki mengatakan Kerry akan mengutarakan bahwa pemberlakuan sanksi baru saat ini adalah keliru.

Para pejabat Iran dan kelompok P5+1 yang mencakup Amerika, Inggris, Perancis, China, Rusia, dan Jerman telah mengutarakan optimisme mengenai babak terbaru perundingan, walaupun gagal sejauh ini dalam menyepakati persetujuan. Pembicaraan itu akan diteruskan pekan depan.

Iran sedang berusaha melonggarkan sanksi sebagai bagian dari setiap persetujuan, tetapi beberapa anggota Kongres Amerika sebaliknya mendorong pemberlakuan sanksi lebih jauh.
XS
SM
MD
LG