Tautan-tautan Akses

Menlu AS Lakukan Kunjungan Mendadak ke Somalia


Menlu AS John Kerry mendarat di Mogadishu, Somalia (5/5).

Menlu AS John Kerry mendarat di Mogadishu, Somalia (5/5).

Menlu Amerika Serikat John Kerry akan membahas masalah keamanan dan kemajuan Somalia dalam memenuhi reformasi dan tujuan pembangunan negara itu, menjelang pemilu tahun depan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry telah melakukan kunjungan mendadak ke Somalia, yang pertama dilakukan oleh diplomat tertinggi AS.

Departemen Luar Negeri mengatakan, Kerry mendarat di bandara Mogadishu sekitar tengah hari, Selasa (5/5), dan akan bertemu dengan pejabat-pejabat pemerintah selama kunjungannya tersebut.

Menlu Kerry diperkirakan akan membahas masalah keamanan dan kemajuan Somalia dalam memenuhi reformasi dan tujuan pembangunan negara itu, menjelang pemilu yang direncanakan tahun depan.

Kerry juga diharapkan bertemu dengan para pemimpin masyarakat untuk membahas kinerja LSM-LSM di Somalia, dan dia akan menyampaikan ucapan terima kepada pasukan Uni Afrika bagi peran mereka dalam menstabilkan negara.

Mereka telah melakukan beberapa langkah penenangan selama lebih dari dua dekade, tanpa ada pemerintah yang berfungsi, sementara pada waktu yang bersamaan, juga memberikan perlawanan terhadap terhadap kelompok militan al-Shabab.

Hari Senin, di ibukota Kenya, Nairobi, Menteri Kerry mengumumkan bantuan baru jutaan dolar bagi Afrika. Kerry mengatakan, $ 45 juta dana tambahan akan disediakan untuk membantu badan pengungsi PBB, UNHCR, dalam mengurus 600.000 pengungsi yang tinggal di Kenya. Dia memuji Nairobi yang telah menampung para pengungsi tersebut.

XS
SM
MD
LG