Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS John Kerry Kunjungi Asia


Menteri Luar Negeri John Kerry (kiri) saat bertemu dengan para pejabat Jepang dan Korea dalam KTT ASEAN di Bandar Seri Begawan, Brunei, Juli 2013. (Reuters/Jacquelyn Martin)

Menteri Luar Negeri John Kerry (kiri) saat bertemu dengan para pejabat Jepang dan Korea dalam KTT ASEAN di Bandar Seri Begawan, Brunei, Juli 2013. (Reuters/Jacquelyn Martin)

John Kerry akan mengunjungi Tokyo untuk membahas isu keamanan AS-Jepang, dan hadir di pertemuan APEC di Bali.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan mengunjungi Asia minggu depan untuk membahas isu-isu keamanan AS-Jepang, perdagangan dan hal-hal penting lainnya yang menyangkut wilayah ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Jen Psaki mengatakan Kamis (26/9) bahwa Kerry akan ada di Tokyo pada 2-3 Oktober bersama Menteri Pertahanan Chuck Hagel untuk berbicara mengenai penguatan aliansi AS-Jepang.

Pada 4 Oktober, Kerry akan berkunjung ke Bali untuk memimpin delegasi kementeriannya dalam pertemuan tingkat menteri pada Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dan bergabung dengan Presiden AS Barack Obama untuk pertemuan-pertemuan terkait APEC.

APEC merupakan forum utama untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, kerja sama, perdagangan dan investasi di wilayah Asia-Pasifik.

Sebelum pertemuan-pertemuan di Tokyo, Hagel akan berhenti di Seoul untuk memperingati ulang tahun ke-60 penandatanganan traktat kerja sama pertahanan antara AS dan Korea Selatan.

Ia juga akan menangani pergantian komando militer di Korea Selatan, saat Jenderal Curtis Scaparrotti, mantan direktur Gabungan Kepala Staf, mengambil alih komando pasukan AS di Korea. Ia menggantikan Jenderal James Thurman. (AP)
XS
SM
MD
LG