Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS, Kuba Bertemu di Panama


Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Kuba, Bruno Rodriguez, di Panama.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Kuba, Bruno Rodriguez, di Panama.

Presiden AS Barack Obama, mungkin secara tidak resmi juga akan bertemu dengan Presiden Kuba Raul Castro di sela-sela pertemuan kawasan itu.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kuba menjelang pertemuan puncak kawasan, pertemuan tingkat paling tinggi dalam puluhan tahun antara kedua negara.

Departemen Luar negeri Amerika mengunggah gambar Kerry berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez di Twitter. Keduanya menghadiri pertemuan puncak Benua Amerika, yang dimulai Jumat (10/4) di Panama City.

Juga menghadiri pertemuan puncak itu adalah Presiden AS Barack Obama, yang mungkin secara tidak resmi akan bertemu dengan Presiden Kuba Raul Castro di sela-sela pertemuan kawasan itu, demikian menurut para pejabat pemerintahan Obama.

Obama, yang bulan Desember mengumumkan pembukaan baru dalam hubungan dengan Kuba, mengatakan Kamis ia akan mengambil keputusan segera mengenai apakah akan mencabut negara komunis itu dari daftar negara yang dianggap Amerika negara yang mensponsori terorisme.

Dalam kunjungan di Jamaika, Obama mengatakan peninjauan kembali oleh Departemen Luar Negeri Amerika mengenai tindakan Kuba dalam masalah dunia sekarang sudah selesai dan ia sedang menunggu rekomendasi dari para penasehatnya.

XS
SM
MD
LG