Tautan-tautan Akses

Menlu AS Kirim Utusan Khusus ke Sudan Selatan


Wartawan VOA John Tanza (kiri) dan Utusan Khusus AS untuk Sudan Selatan dan Sudan, Donald Booth (Foto: dok).

Wartawan VOA John Tanza (kiri) dan Utusan Khusus AS untuk Sudan Selatan dan Sudan, Donald Booth (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengirim utusan khusus AS ke Sudan Selatan untuk menganjurkan perundingan antara fraksi-fraksi yang bermusuhan di negara terbaru dunia tersebut, Jumat (20/12).

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan Jumat malam (20/12) bahwa Duta Besar Donald Booth akan berkunjung ke Sudan Selatan secepatnya untuk membantu memfasilitasi perundingan guna mengakhiri kekerasan yang berkobar setelah presiden Salva Kiir, dari suku Dinka, menuduh wakil presiden Riek Machar, dari suku Nuer, berusaha melancarkan kudeta, dan memecatnya.

Dewan Keamanan PBB mendesak kedua pihak agar mencapai penyelesaian damai secepatnya, dan memperingatkan bahwa pertikaian politik dapat mengimbas negara-negara tetangga.

Hari Jumat (20/12) PBB mengatakan sekurang-kurangnya 11 warga sipil dan dua tentara perdamaian tewas dalam serangan hari Kamis (19/12) di pangkalan PBB Akobo, Sudan Selatan. Misi PBB di Sudan Selatan UNMISS semula melaporkan jumlah korban yang lebih tinggi di Akobo, di mana helikopter-helikopter PBB hari Jumat mengevakuasi para penyintas.

Menurut UNMISS kekerasan berkobar ketika sekitar 2.000 pemuda bersenjata, diyakini dari suku Nuer, mengepung pangkalan PBB dan melepaskan tembakan. Ditambahkan, tampaknya mereka menarget para warga suku Dinka yang berlindung di markas PBB.
XS
SM
MD
LG