Tautan-tautan Akses

Menkeu AS Kecam Tagihan Pajak Uni Eropa terhadap Apple


Menteri Keuangan Amerika Jacob Lew (foto: dok).

Menteri Keuangan Amerika Jacob Lew (foto: dok).

Raksasa teknologi Apple diperintahkan oleh Uni Eropa untuk membayar Irlandia $14,5 milyar tunggakan pajak.

Menteri Keuangan Amerika Jacob Lew Rabu (31/8) mengecam keputusan Uni Eropa yang memerintahkan bisnis teknologi Apple membayar Irlandia $14,5 milyar berupa tunggakan pajak. Katanya, Amerika yang seharusnya memungut pajak atas sukses perusahaan paling bernilai di dunia itu.

“Saya prihatin bahwa ini mencerminkan upaya untuk masuk ke basis perpajakan Amerika, memungut pajak dari pendapatan yang seharusnya diperuntukkan Amerika,” kata Lew Selasa.

Lew berbicara di Washington menjelang pertemuan G20 di Tiongkok. Katanya, “Keprihatinan kami dengan tindakan Komisi Eropa ini, mereka mempergunakan sebuah teori tertentu untuk menyusun hukum pajak, melakukan hal itu secara retro-aktif, dan tidak mempedulikan penguasa hukum pajak nasional.”

Baik Apple maupun Irlandia mengumumkan rencana untuk naik banding. Pemerintahan di Dublin meyuarakan keprihatinan bahwa keputusan ini memperlemah upaya Irlandia untuk menjadi negara dengan pajak yang rendah yang hendak menyambut bisnis multi-nasional yang berminat beroperasi di sana. [jm]

XS
SM
MD
LG