Tautan-tautan Akses

Menlu AS ke Yordania, Bahas Isu Timur Tengah


Menteri Luar Negeri John Kerry meninggalkan Roma menuju Amman, Maret 2014.

Menteri Luar Negeri John Kerry meninggalkan Roma menuju Amman, Maret 2014.

Proses perdamaian Israel-Palestina telah menjadi salah satu prioritas tertinggi Kerry, selain perang melawan ISIS di Suriah dan Irak.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry berangkat ke Yordania untuk membicarakan tantangan negara-negara tetangga Yordania, termasuk ketegangan di Yerusalem dan perang melawan militan Negara Islam (ISIS) di Suriah dan Irak.

Kerry akan bertemu dengan Raja Yordania, Abdullah, dalam kunjungan terbarunya ke kawasan itu yang telah ia kunjungi lebih dari 12 kali sejak menjadi menlu awal 2013.

Proses perdamaian Israel-Palestina telah menjadi salah satu prioritas tertinggi Kerry, dan setahun yang lalu kedua pihak di tengah perundingan lagi yang ia bantu perantarai setelah terhenti tiga tahun.

Tetapi, hubungan mereka telah mengalami langkah mundur yang besar tahun ini dengan berakhirnya pembicaraan bulan April, perang 50 hari dalam Juli dan Agustus dan banyak bentrok baru-baru ini pada sebuah tempat agama yang penting di Yerusalem.

Dari Yordania, Kerry akan berangkat Jumat ke Uni Emirat Arab untuk menghadiri forum perdamaian dan keamanan dan pembicaraan terpisah dengan para pejabat dan pemimpin lain di sana.

XS
SM
MD
LG