Tautan-tautan Akses

Kerry akan ke Moskow untuk Bahas Suriah dan Ukraina


Menlu AS John Kerry (kanan) saat bertemu Menlu Rusia Sergey Lavrov di sela-sela KTT OSCE di Beograd, Serbia 3 Desember lalu (foto: dok).

Menlu AS John Kerry (kanan) saat bertemu Menlu Rusia Sergey Lavrov di sela-sela KTT OSCE di Beograd, Serbia 3 Desember lalu (foto: dok).

Menlu AS John Kerry akan berkunjung ke Moskow minggu depan untuk pembicaraan dengan para pemimpin Rusia.

Menteri LN Amerika, John Kerry mengatakan hari Rabu (9/12), ia akan terbang ke Moskow minggu depan untuk pembicaraan dengan para pemimpin Rusia mengenai Ukraina dan penyelesaian politik di Suriah.

Kerry yang mengumumkan rencananya itu di sela-sela konferensi perubahan iklim di Paris mengatakan, ia bermaksud untuk bertemu dengan Presiden dan Menteri LN Rusia.

Kerry mengatakan, meskipun Russia punya kepentingan militer dan politik di Suriah, Rusia "telah bersikap konstruktif" dalam mengusahakan penyelesaian politik untuk mengakhiri konflik Suriah.

"Mereka membantu kita dalam proses itu,” kata Kerry.

“Rusia telah membantu perundingan anti-teroris di Wina berhasil, dan saya pikir mereka menginginkan sebuah penyelesaian politik di sana," tambahnya.

Kerry tidak merinci tanggal pembicaraan di Moskow, tapi itu mungkin akan berlangsung sebelum pertemuan di New York tanggal 18 Desember, dalam upaya mendorong proses politik Suriah.

Kremlin tidak menutup kemungkinan pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Kerry, kata sekretaris pers Dmitry Peskov kepada Interfax, menjawab pertanyaan apakah kepala negara Rusia itu berencana untuk bertemu Kerry.

Kunjungan Kerry ke Moskow nanti adalah yang pertama sejak Mei 2013. Dalam kunjungan itu Kerry mengadakan pembicaraan di Sochi dengan Presiden Putin dan Menteri LN Sergei Lavrov. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG