Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS ke Asia untuk Kerjasama Keamanan dan Perdagangan


Menlu Amerika John Kerry memulai lawatan enam hari ke Asia (foto: dok).

Menlu Amerika John Kerry memulai lawatan enam hari ke Asia (foto: dok).

Setelah mengunjungi Jepang, Menlu AS akan bertolak menuju Bali hari Jumat untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dari Forum APEC.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry memulai lawatan enam hari ke Asia untuk memperkuat kerjasama keamanan dengan Jepang dan menggalakkan perdagangan bebas di kalangan negara-negara Asia-Pasifik.

Kerry dijadwalkan tiba di Tokyo hari Rabu, sehari sebelum ikut serta dalam pertemuan Komite Konsultatif Keamanan Amerika-Jepang yang terakhir bertemu di Washington tahun 2011.

Menteri Pertahanan Amerika, Chuck Hagel akan bergabung dengan Kerry dalam pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida dan Menteri Pertahanan Itsunori Onodera.

Kantor berita Jepang Kyodo mengatakan kedua pihak akan membahas revisi pengaturan keamanan yang sudah puluhan tahun untuk mencerminkan apa yang dianggap Jepang sebagai tantangan baru dari berbagai aktivitas maritim Tiongkok yang lebih berani di perairan yang disengketakan.

Menteri Luar Negeri Kerry akan bertolak dari Tokyo menuju Bali hari Jumat untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dari Forum APEC.
XS
SM
MD
LG