Tautan-tautan Akses

Menlu AS Janjikan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Topan Haiyan


Menlu AS John Kerry memberikan sambutan saat mengunjungi wilayah yang terkena dampak topa Haiyan di Tacloban, FIlipina (18/12).

Menlu AS John Kerry memberikan sambutan saat mengunjungi wilayah yang terkena dampak topa Haiyan di Tacloban, FIlipina (18/12).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry hari Rabu (18/12) menjanjikan bantuan kemanusiaan baru berjumlah 25 juta dolar saat mengunjungi Filipina tengah yang dilanda topan.

Berbicara dari desa Tacloban yang paling parah dilanda topan hari Rabu (18/12), Menlu AS John Kerry mengatakan terkejut melihat kerusakan yang diakibatkan oleh Topan Haiyan, yang menewaskan lebih dari enam ribu orang bulan lalu.

Bantuan baru yang diumumkan Kerry itu berarti Amerika Serikat memberi lebih dari 86 juta dolar untuk membantu sekutunya itu pulih dari Haiyan, yang merupakan salah satu topan paling kuat yang pernah dicatat melanda daratan.

Kerry juga mengatakan ia sedang mencari cara yang akan memungkinkan Amerika Serikat merespon dengan lebih cepat dalam bencana demikian. Amerika Serikat diyakini berada dalam tahap-tahap final kesepakatan yang akan memungkinkan lebih banyak tentara, pesawat udara dan kapal Amerika melewati negara itu.

Presiden Filipina Begnino Aquino, hari Rabu mengumumkan rencana pemerintah untuk mengalokasikan dana 8,1 miliar dolar untuk memulihkan kehidupan masyarakat di kawasan yang dilanda topan. Ia juga mengeluarkan seruan baru permintaan bantuan internasional untuk membantu proses rekonstruksi.

Hari Selasa (17/12), Kerry mengumumkan 40 juta dolar bantuan untuk membantu Filipina meningkatkan kemampuan pertahanan maritimnya dan memperkuat operasi kontra terorisme terhadap pemberontakan Muslim di selatan negara itu.
XS
SM
MD
LG