Tautan-tautan Akses

Menlu AS, Iran Lanjutkan Pembicaraan Nuklir


Menlu AS John Kerry (kiri) dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif bertemu di Moontreux, Swiss (2/3).

Menlu AS John Kerry dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif kembali bertemu di Montreux, Swiss untuk membahas program nuklir Iran, Selasa (3/3).

Menlu AS John Kerry dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif melangsungkan pertemuan hari kedua di Swiss untuk membahas status program nuklir Teheran.

Kerry dan Zarif bertemu selama dua jam di kota Montreux. Seorang pejabat tinggi Departemen Luar negeri Amerika mengatakan, mereka diperkirakan akan melanjutkan lagi pembicaraan hari ini.

Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan dan Jermanyang biasa disebut kelompok P5+ 1sedang berusaha menggarap kerangka kerja kesepakatan yang tenggat waktunya ditetapkan tanggal 31 Maret. Para perunding memiliki waktu hingga 1 Juli untuk mencapai kesepakatan final.

Kelompok P5+ 1 mengusahakan kesepakatan yang membatasi kemampuan pengayaan uranium Iran dan sumberdayanya untuk mengembangkan senjata nuklir. Iran, yang mengatakan program nuklirnya bertujuan damai, sedang mengusahakan pelonggaran sanksi-sanksi internasional.

Menurut laporan media pemerintah Iran, Zarif mengatakan, Selasa, Iran mengikuti pembicaraan dengan penuh kesungguhan namun tidak akan mengalah pada tuntutan-tuntutan tidak logis dan berlebihan dari pihak-pihak yang terlibat dalam pembicaraan.

Kantor berita Iran mengatakan, Zarif merujuk pada pernyataan Presiden Barack Obama hari Senin.

Presiden Obama mengatakan kepada Reuters, Iran perlu setidaknya menghentikan aktivitas nuklirnya selama 10 tahun jika ingin kesepakatan dicapai. Penghentian itu kata Obama juga harus bisa diverifikasi.

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Kerry mengatakan sanksi saja tidak cukup meredakan kecemasan Barat akan program nuklir Iran.

XS
SM
MD
LG