Tautan-tautan Akses

Menlu AS, Iran Bicarakan Rincian Kesepakatan Nuklir


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry bersama Menteri Luar Negeri Iran Mohamad Javad Zarif di New York (19/4). (Reuters/Brendan McDermid)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry bersama Menteri Luar Negeri Iran Mohamad Javad Zarif di New York (19/4). (Reuters/Brendan McDermid)

Kerry memberitahu wartawan bahwa dia dan Zarif sepakat untuk bekerja sama guna memastikan persetujuan nuklir Iran dilaksanakan sesuai tujuannya.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry hari Selasa (19/4) melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohamad Javad Zarif di New York, untuk memastikan Iran diberi penghapusan sanksi sebagaimana dijanjikan dalam kesepakatan nuklir bersejarah yang dicapai Januari lalu.

Pertemuan di Markas PBB itu berlangsung hanya beberapa minggu setelah Pemimpin Agung Iran Ayatolah Ali Khamenei mengeluh bahwa banyak perusahaan internasional menghindari berbisnis dengan Teheran sejak kesepakatan ini tercapai.

Dalam komentar di televisi pada 20 Maret, Khamenei mengungkapkan kesulitan Iran mengambil aset-asetnya di bank yang dibekukan negara-negara Barat selama bertahun-tahun pemberlakuan sanksi.

Dia juga mengatakan, banyak bisnis internasional, karena khawatir dengan pembalasan Amerika, menjauh dari kegiatan berbisnis dengan Republik Islam itu.

Menyusul pertemuan Selasa itu, Kerry memberitahu wartawan bahwa dia dan Zarif sepakat untuk bekerja sama guna memastikan persetujuan nuklir Iran dilaksanakan sesuai tujuannya.

“Kami membicarakan beberapa hal hari ini, dan kami membuat kemajuan,” katanya.

Berbicara secara terpisah dengan wartawan, Zarif mengakui adanya kemajuan, dan katanya, mereka berdua akan bertemu lagi Jumat di New York guna memastikan manfaat pasca sanksi ini akan tersedia untuk dinikmati oleh rakyat Iran. [jm]

XS
SM
MD
LG