Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Ingin Percepat Pembicaraan Nuklir dengan Iran


Menlu AS John Kerry (kiri) dan Menlu Iran Javad Zarif saat bertemu di Wina, Austria, 23 November lalu (foto: dok).

Menlu AS John Kerry (kiri) dan Menlu Iran Javad Zarif saat bertemu di Wina, Austria, 23 November lalu (foto: dok).

Menlu AS John Kerry mengatakan hari Senin (12/1), bahwa ia ingin "mempercepat proses untuk membuat kemajuan yang lebih besar" dalam pembicaraan nuklir Iran.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif hari Rabu (14/1) untuk mengevaluasi negosiasi internasional mengenai program nuklir Iran.

Kerry mengatakan Senin ketika berkunjung ke India bahwa ia berharap pembicaraan di Jenewa akan memungkinkan mereka "mempercepat proses untuk membuat kemajuan yang lebih besar."

Iran dan kelompok yang mencakup Amerika, Inggris, Tiongkok, Prancis, Rusia dan Jerman selama lebih dari setahun telah berusaha menyetujui kesepakatan yang langgeng guna melonggarkan sanksi sebagai imbalan atas kesediaan Iran untuk tidak mengembangkan senjata nuklir. Iran telah lama bersikeras program nuklirnya bertujuan damai.

Negosiasi tingkat lebih rendah akan dilanjutkan Kamis.

Kedua pihak telah menetapkan batas waktu untuk mencapai kesepakatan tanggal 1 Juli setelah dua kali gagal menyelesaikan perbedaan dan memutuskan untuk memperpanjang pembicaraan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG