Tautan-tautan Akses

Menlu AS-India Bahas Keamanan Regional dan Ekonomi


Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu India Salman Khurshid dalam pertemuan di New Delhi, India (24/6).

Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu India Salman Khurshid dalam pertemuan di New Delhi, India (24/6).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah mengadakan pembicaraan dengan mitranya, Menteri Luar Negeri India Salman Kurshid di New Delhi, Senin (24/6).

Kementerian Luar Negeri India mengatakan pembicaraan hari Senin itu berfokus pada tiga pilar penting hubungan kedua negara -- isu-isu keamanan regional, ekonomi dan teknologi.

Dalam pernyataannya setelah pembicaraan itu, Kerry menyambut kepemimpinan India di panggung global dan mengukuhkan kembali bahwa kedua negara memiliki visi yang sama bagi perdamaian dan stabilitas di Asia.

Kerry juga mengatakan, kedua negara mendukung Afghanistan yang stabil dan bersatu, dengan menambahkan bahwa Amerika mendukung bantuan ekonomi bilateral India ke negara Asia Tenggara yang dikoyak perang itu.

Hari Minggu, Kerry mengatakan bahwa sebagai demokrasi terbesar dunia, India dapat berperan penting dalam mendukung pemilu Afghanistan tahun 2014 dengan membantu negara itu memperbaiki sistem pemilihannya dan menciptakan suatu kerangka kerja untuk menyelesaikan sengketa.
XS
SM
MD
LG