Tautan-tautan Akses

Menlu AS Imbau Perbaikan Standar Keselamatan Buruh Bangladesh


Menlu AS, John Kerry (Foto: dok).

Menlu AS, John Kerry (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika, John Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh, Dipu Moni dan mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas bencana Rana Plaza, Jumat (17/5).

Menteri Luar Negeri Amerika, John Kerry mengatakan, Amerika ingin melihat Bangladesh memperbaiki standar peraturan keselamatan buruhnya, setelah sebuah bangunan ambruk dan menewaskan ratusan buruh pabrik garmen.

Menteri Luar Negeri Amerika, John Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh, Dipu Moni, Jumat (17/5), dan mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas bencana Rana Plaza yang menelan korban jiwa lebih dari 1.120 orang tiga pekan lalu.

Pertemuan itu berlangsung pada saat Bangladesh mulai membuka kembali ratusan pabrik garmen, hanya beberapa hari setelah menutup pabrik-pabrik itu. Asosiasi Produsen dan Eksportir Pakaian Bangladesh menyerukan agar pabrik-pabrik itu dibuka kembali.

Penutupan pabrik itu minggu ini disebabkan unjuk rasa oleh para pekerja yang memrotes rendahnya upah dan buruknya kondisi kerja. Aksi mereka ini dipicu oleh kecelakaan perburuhan terburuk di negara itu.

Menanggapi tuntutan para buruh itu, pemerintah Bangladesh telah menyetujui perubahan dalam UU perburuhan, dan memudahkan para pekerja membentuk Serikat Buruh. Pemerintah juga membentuk sebuah komisi untuk mempertimbangan kenaikan upah buruh.
XS
SM
MD
LG