Tautan-tautan Akses

Menlu AS Dukung Rencana Perdamaian PBB di Suriah


Menlu AS John Kerry (kiri) bertemu utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura di Jenewa hari Rabu (14/1).

Menlu AS John Kerry (kiri) bertemu utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura di Jenewa hari Rabu (14/1).

Menlu AS John Kerry menyampaikan dukungannya saat bertemu utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura di Jenewa, Rabu (14/1).

Menlu AS John Kerry telah mengungkapkan dukungannya bagi usaha PBB untuk menghentikan pertempuran di kota Aleppo, Suriah, dan bagi tawaran Rusia untuk memulai kembali pembicaraan perdamaian bagi negara yang dikoyak perang itu.

Kerry berbicara Rabu (14/1) disamping utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura setelah keduanya bertemu di Jenewa.

Kerry mengatakan, rencana de Mistura untuk menghentikan pertempuran di Aleppo melalui serangkaian gencatan senjata yang dirundingkan setempat sehingga memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan adalah bagian dari usaha yang sangat rumit namun penting untuk mencapai kemajuan di Suriah.

De Mistura dijadwalkan kembali ke Damaskus pekan depan. November lalu, ia bertemu Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang menyebut usulannya itu sesuatu yang layak untuk dipelajari.

Utusan PBB itu mengatakan, Rabu, Aleppo merupakan contoh khas mengenai bagaimana kekerasan dapat berakhir dan memberi harapan bagi warga Suriah yang sudah jenuh dengan konflik yang telah berlangsung hampir empat tahun.

XS
SM
MD
LG