Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Perbaikan Hubungan Afghanistan-Pakistan Perlu Langkah Lanjutan


Menlu AS John Kerry (tengah) memediasi pertemuan antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Jenderal Pakistan Asfhaq Parvez Kayani di Brussels, Belgia (24/4).

Menlu AS John Kerry (tengah) memediasi pertemuan antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Jenderal Pakistan Asfhaq Parvez Kayani di Brussels, Belgia (24/4).

Setelah menjadi tuan rumah pertemuan Pakistan-Afghanistan di Belgia, Menlu AS John Kerry mengatakan masih banyak pekerjaan rumah harus dilakukan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai hari Rabu mengadakan pertemuan dengan panglima tentara dan menteri luar negeri Pakistan, dengan harapan dapat meredakan ketegangan antara kedua negara tetangga tersebut sebelum penarikan mundur NATO dari Afghanistan tahun depan.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mempertemukan kedua pemimpin itu di Brussels – di kediaman Duta Besar Amerika untuk NATO – sehari setelah pertemuan para menteri luar negeri NATO.

Setelah pembicaraan selama kurang lebih tiga jam itu, John Kerry mengatakan ia telah membuat kemajuan bersama Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Panglima Tentara Pakistan Jendral Ashfaq Kayani dan Menteri Luar Negeri Pakistan Jalil Jilani. Tetapi ia menambahkan, masih banyak pekerjaan rumah harus dilakukan, meski tidak bersedia merinci apapun.

Baik Presiden Afghanistan Hamid Karzai maupun kedua pejabat Pakistan itu sama sekali tidak memberi komentar setelah pertemuan itu.

Hari Selasa Sekjen NATO Anders Fogh-Rasumussen menghimbau Pakistan untuk memainkan peran positif dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas jangka panjang di Afghanistan. NATO dijadwalkan menarik mundur sebagian besar pasukan tempurnya dari Afghanistan pada akhir tahun 2014.
XS
SM
MD
LG