Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS di Brazil untuk Redam Kontroversi Program Spionase


Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) dan Menteri Luar Negeri Brazil Antonio Patriota dalam pertemuan di Brasilia (13/8). (Reuters/Evaristo Sa)

Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) dan Menteri Luar Negeri Brazil Antonio Patriota dalam pertemuan di Brasilia (13/8). (Reuters/Evaristo Sa)

Laporan media mengatakan Kolombia dan Brazil termasuk dalam daftar pelacakan komunikasi telpon dan Internet oleh Badan Keamanan Nasional AS.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry sedang berada di Brazil untuk berusaha meredakan kekhawatiran mengenai program pengintaian Amerika yang kontroversial.

Sejumlah kekhawatiran baru mencuat setelah suratkabar O Globo di Brazil baru-baru ini melaporkan bahwa Kolombia dan Brazil termasuk dalam daftar pelacakan komunikasi telpon dan internet oleh Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA).

Kerry berbicara Selasa (13/8) dengan Menteri Luar Negeri Brazil Antonio Patriota dan Presiden Brazil Dilma Rousseff. Ia mengunjungi Kolombia Senin.

Di Bogota, Kerry mengatakan Amerika sangat terlibat dalam berbagai upaya rumit mencegah teroris mengakibatkan korban jiwa di banyak lokasi di dunia. Ia mengatakan yakin akan bisa menjelaskan legalitas dan tujuan program spionase tersebut, dan mengatakan program NSA itu “hanyalah bagian kecil” dari pembicaraannya di Kolombia.

Menteri Luar Negeri Kolombia Maria Angela Holguin mengatakan kepada para wartawan ia mendapatkan apa yang disebutnya “jaminan yang diperlukan” sehingga Kolombia dan Amerika bisa terus bekerjasama dalam urusan tersebut.
XS
SM
MD
LG