Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS di Baghdad, Bahas Suriah dan Keamanan di Irak


Menlu AS John Kerry (kiri) dan PM Irak Nouri al-Maliki (kanan) di Baghdad, Irak (24/3).

Menlu AS John Kerry (kiri) dan PM Irak Nouri al-Maliki (kanan) di Baghdad, Irak (24/3).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry berada di Baghdad untuk bertemu dengan Perdana Menteri Nouri al-Maliki dan pejabat teras lainnya untuk membahas perang di Suriah dan keamanan di Irak.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry tiba di Baghdad hari Minggu untuk kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya setelah mendampingi Presiden Amerika Barack Obama dalam lawatannya di Timur Tengah.

Menlu Kerry akan mendesak para pejabat Irak agar tidak lagi mengizinkan pesawat Iran terbang di atas Irak dengan pasokan militer untuk pemerintah Suriah yang memerangi pemberontak.

Diplomat tertinggi Amerika itu juga akan membahas keprihatinan Washington mengenai berkembangnya konflik internal di Irak 10 tahun setelah invasi pimpinan Amerika untuk menggulingkan Saddam Hussein. Sejak pasukan Amerika meninggalkan Irak, negara itu telah terjerumus ke dalam pola percekcokan politik terus menerus dan kekerasan antar golongan Sunni, Syiah, dan Kurdi.

Para pejabat Amerika telah menyatakan keprihatinan bahwa kelompok-kelompok militan, termasuk al-Qaida, telah meningkatkan serangan-serangan di berbagai bagian Irak.
XS
SM
MD
LG