Tautan-tautan Akses

Menlu AS Desak Irak Blokir Penerbangan Iran ke Suriah


Menlu AS John Kerry (kanan) dalam pertemuan dengan PM Irak Nouri al-Maliki di Baghdad hari Minggu (24/3).

Menlu AS John Kerry (kanan) dalam pertemuan dengan PM Irak Nouri al-Maliki di Baghdad hari Minggu (24/3).

Kepada PM Irak, Menlu AS John Kerry menegaskan bahwa pengiriman Iran itu 'bermasalah' karena membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah bertemu dengan para pemimpin Irak di Baghdad untuk mendesak mereka agar mencegah Iran mengirimkan senjata kepada pemerintah Suriah melalui wilayah udara Irak.

Kerry mengatakan kepada wartawan bahwa ia melakukan "diskusi yang bersemangat" tentang masalah itu dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki pada hari Minggu.

Kepada Perdana Menteri Maliki, Kerry menegaskan bahwa pengiriman Iran itu "bermasalah" karena membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad dan pemerintahannya bertahan.

Kerry tidak mengatakan bagaimana Maliki menanggapi permintaan AS untuk menghentikan atau setidaknya memeriksa semua penerbangan Iran yang melintasi wilayah Irak.

Washington menuduh Teheran mengirim pesawat hampir setiap hari untuk memasok senjata dan pejuang bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad, sekutu lama Iran yang sedang memerangi pemberontakan dua tahun. Iran telah mengatakan pihaknya hanya memberikan bantuan kemanusiaan bagi Suriah.

Irak telah memeriksa dua pesawat Iran yang akan menuju Suriah tahun lalu dan mengatakan tidak menemukan barang terlarang. Maliki berusaha tetap netral dalam perang saudara Suriah, dengan menolak untuk bergabung dengan negara-negara Arab lainnya dan Barat yang menyerukan penggulingan Assad.

Sebelum pembicaraan hari Minggu, seorang pejabat AS di Baghdad mengatakan Kerry akan memberitahu Maliki bahwa Irak tidak dapat berperan di Suriah pasca Assad, jika pihak berwenang Irak memfasilitasi aliran senjata kepada Presiden Suriah.
XS
SM
MD
LG