Tautan-tautan Akses

Menlu AS Desak India Dukung Reformasi Perdagangan Internasional


U.S. Secretary of State John Kerry menyapa media ketika tiba di bandara di New Delhi 30 Juli 2014.

U.S. Secretary of State John Kerry menyapa media ketika tiba di bandara di New Delhi 30 Juli 2014.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah bertemu Menteri Keuangan India Arun Jaitley dalam lawatannya yang dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara dua negara demokrasi terbesar dunia itu.

Kerry, yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Penny Pritzker, berada di New Delhi untuk mendesak India agar membatalkan tentangan terhadap reformasi perdagangan global, yang menurut para ekonom akan merangsang pertumbuhan ekonomi dunia. Hari Kamis ini adalah tenggat yang ditetapkan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk menerapkan pembaruan-pembaruan tersebut.

Kerry pekan ini mengatakan bahwa kesediaan India untuk mendukung sistem perdagangan yang berbasis pada peraturan-peraturan akan mengundang investasi lebih besar lagi dari Amerika Serikat dan seluruh dunia.

India telah menyatakan tidak akan mendukung reformasi perdagangan kecuali jika India diizinkan membeli gandum dari petani dengan harga di atas pasar, menimbunnya, dan menjualnya kepada masyarakat miskin dengan harga subsidi.

Menurut peraturan WTO, cadangan bahan pangan hanya dapat dijual dengan harga pasar.

Lawatan Kerry itu juga akan mencakup pembicaraan dengan Perdana Menteri Narendra Modi, seorang nasionalis Hindu yang pernah dijauhi Washington hingga tidak lama sebelum ia meraih kemenangan besar dalam pemilu Mei lalu.

XS
SM
MD
LG