Tautan-tautan Akses

Menlu AS dan Rusia Akhiri Pertemuan di Paris Tanpa Kemajuan


Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu Rusia Sergei Lavrov, dalam pertemuan di Paris (27/5).

Menlu AS John Kerry (kanan) dan Menlu Rusia Sergei Lavrov, dalam pertemuan di Paris (27/5).

Pertemuan Menteri Luar Negeri Amerika dan Menteri Luar Negeri Rusia di Paris dalam upaya mengatur konferensi perdamaian untuk mengakhiri perang saudara Suriah, telah berakhir tanpa kemajuan.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, seusai pertemuan hari Senin (27/5), mengatakan bahwa penyelenggaraan konferensi perdamaian yang menurut rencana akan digelar di Jenewa bulan depan, merupakan tugas yang sulit.

Pembicaraan damai atas prakarsa Amerika dan Rusia itu bertujuan mempertemukan pemerintah Suriah dan kekuatan oposisi, untuk mencari penyelesaian politik atas sengketa antara mereka yang telah berlangsung selama dua tahun.

Pemerintahan presiden Suriah Bashar al-Assad yang didukung Rusia pada prinsipnya telah setuju untuk menghadiri pembicaraan yang diusulkan itu, namun koalisi oposisi utama yang didukung Amerika, masih berupaya keras untuk mengatasi perselisihan intern mereka dan belum mengambil keputusan resmi terkait pembicaraan damai tersebut.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Moskow menghendaki negara-negara peserta konferensi itu diperluas dari negara-negara kuat yang menyetujui rencana perdamaian Suriah di Jenewa tahun lalu.

Lavrov mengatakan pembicaraan perdamaian hendaknya mencakup "semua pemain luar utama yang mempunyai pengaruh terhadap keadaan di Suriah” - yang diperkirakan ditujukan untuk Iran, yang juga sekutu Presiden Assad.

Amerika Serikat telah lama mengecam dukungan Iran terhadap pemerintahan Presiden Assad, dan menuduh Teheran memperuncing sengketa Suriah, bukan bagian dari penyelesaian.
XS
SM
MD
LG