Tautan-tautan Akses

Menlu AS dan Perancis Bahas Tuduhan Spionase


Menlu Perancis Laurent Fabius dan Menlu AS John Kerry di Paris (22/10).

Menlu Perancis Laurent Fabius dan Menlu AS John Kerry di Paris (22/10).

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius meminta penjelasan terkait praktik spionase dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Selasa pagi (22/10)

Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius untuk membahas pengungkapan baru-baru ini bahwa badan mata-mata Amerika menyadap jutaan percakapan telepon warga Perancis.

Seorang juru bicara menteri luar negeri Perancis mengatakan kepada wartawan bahwa selama pertemuan Selasa pagi (22/10) Fabius meminta penjelasan dari mitra Amerikanya mengenai praktik spionase tersebut. Juru bicara itu menyebut praktek-praktek demikian "tidak dapat diterima."

Pada hari Senin (21/10), Presiden AS Barack Obama menghubungi Presiden Perancis Francois Hollande untuk membahas kemarahan Perancis tentang skandal itu.

Obama memberitahu pemimpin Perancis itu bahwa AS sedang meninjau pengumpulan data intelijennya untuk memastikan keseimbangan antara keamanan dan privasi.

Gedung Putih telah mengeluh bahwa sebagian tuduhan tentang kegiatan mata-mata Amerika yang dipublikasikan media-media Perancis telah “menyimpang.”
XS
SM
MD
LG