Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Bertolak ke Timur Tengah


Menlu AS John Kerry bertolak ke Timur Tengah hari ini (foto: dok).

Menlu AS John Kerry bertolak ke Timur Tengah hari ini (foto: dok).

Menteri Luar negeri Amerika John Kerry akan bertolak ke Timur Tengah hari ini, untuk mengupayakan terwujudnya konferensi perdamaian untuk Suriah.

Konferensi Perdamaian untuk Suriah yang diprakarsai oleh Amerika Serikat dan Rusia akan dibicarakan dalam beberapa pertemuan penting pekan ini.

Kerry akan berada di Yordania untuk menghadiri pertemuan Sahabat Suriah hari Rabu, dimana negara-negara yang mendukung oposisi Suriah akan mempertimbangkan pembicaraan yang diusulkan oleh Kerry dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov untuk bulan depan.

Rencana kedua menteri bertujuan mempertemukan oposisi dan pemerintah Suriah dalam upaya membentuk sebuah badan transisi baru guna mengakhiri pertempuran yang sudah berlangsung selama dua tahun. Kedua pihak belum menyatakan apakah akan hadir.

Oposisi Suriah akan mengambil keputusan dalam sebuah pertemuan di Turki hari Kamis.

Daftar kemungkinan para tokoh yang akan menghadirinya masih tidak jelas. Rusia meminta sekutu Suriah, Iran, agar turut menghadirinya, sementara Perancis mengatakan pihaknya tidak menghendaki Iran turut dalam pembicaraan.
XS
SM
MD
LG