Tautan-tautan Akses

Menlu AS Bertemu Pejabat-pejabat Turki


Menlu AS John Kerry (kiri) bertemu PM Turki Recep Tayyip Erdogan di Istanbul hari Minggu (7/4).
Menlu AS John Kerry (kiri) bertemu PM Turki Recep Tayyip Erdogan di Istanbul hari Minggu (7/4).

Menlu AS John Kerry berada di Istanbul hari Minggu untuk bertemu Menlu Turki Ahmet Davutoglu dan PM Turki Recep Tayyip Erdogan.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah mendesak Turki dan Israel agar memulihkan hubungan diplomatik dengan cepat, seraya mengatakan masing-masing negara itu berperan penting dalam menyelesaikan isu-isu lain di Timur Tengah.

Kerry berada di Istanbul hari Minggu untuk bertemu Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu dan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan.

Pada konferensi pers bersama dengan menteri luar negeri, Kerry mengatakan penting sekali bagi Turki dan Israel untuk segera menyetujui kompensasi atas insiden yang menyebabkan retaknya hubungan kedua negara tiga tahun silam, sewaktu delapan warga Turki dan seorang warga Amerika keturunan Turki tewas dalam serangan Israel terhadap armada bantuan yang sedang menuju Gaza.

Mengenai konflik yang sedang berlangsung di Suriah, Kerry mengatakan Amerika dan Turki sama-sama menginginkan peralihan kekuasaan secara damai di Suriah. Ia mengatakan Turki telah bermurah hati dalam mendukung pengungsi Suriah yang berada di wilayahnya.

PBB memperkirakan lebih dari 250 ribu warga Suriah tinggal di kamp-kamp di Turki setelah melarikan diri dari Suriah dalam dua tahun terakhir.

Recommended

XS
SM
MD
LG