Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS Bertemu Menlu Iran di Jenewa


Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif (R) dalam pertemuan di Wina, November 2014.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif (R) dalam pertemuan di Wina, November 2014.

Ada sisa waktu enam minggu untuk mencapai persetujuan yang akan menanggulangi keprihatinan mengenai kemungkinan penerapan militer program nuklir Iran.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry berada di Jenewa untuk berbicara dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengenai percepatan perundingan internasional tentang program nuklir Iran.

Kerry mengatakan sebelumnya pekan ini bahwa pertemuan Rabu (14/1) merupakan kesempatan bagi para diplomat untuk mengkaji posisi kedua pihak.

Sudah dua bulan sejak Iran dan kelompok negara-negara yang mencakup Amerika, Inggris, China, Perancis, Rusia dan Jerman memutuskan untuk memperpanjang perundingan setelah gagal mencapai persetujuan sebelum batas waktu November yang disepakati mereka sendiri.

Sekarang, kira-kira enam minggu sisa waktu sebelum target mereka menerapkan kerangka mencapai persetujuan yang akan menanggulangi keprihatinan mengenai kemungkinan penerapan militer program nuklir Iran sebagai imbalan pelonggaran sanksi yang telah memukul ekonomi negara itu.

Batas waktu bagi persetujuan terakhir adalah 1 Juli.

XS
SM
MD
LG