Tautan-tautan Akses

Menlu AS Berbicara dengan Menlu Iran di Wina


Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Wina, Austria (13/7).

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Wina, Austria (13/7).

Kerry ingin mengadakan pembicaraan mendalam untuk menilai berapa besar kesediaan Iran untuk mengambil pilihan yang genting yang perlu diambil.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry bertemu Senin (14/7) dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif sementara batas waktu untuk mencapai persetujuan jangka panjang mengenai program nuklir Iran semakin dekat.

Seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan tujuan pertemuan di Wina itu adalah “untuk melihat apakah kemajuan dapat tercapai,” dan bahwa Kerry ingin mengadakan pembicaraan mendalam untuk menilai berapa besar kesediaan Iran untuk mengambil pilihan yang genting yang perlu diambil.

Kerry mengatakan Minggu setelah pembicaraan antara diplomat dari Iran dan kelompok enam negara kuat dunia bahwa “perbedaan pandangan signifikan tetap ada sebelum persetujuan akan dicapai.

Zarif menyerukan kepada kedua pihak untuk berunding dengan ikhlas.

Iran dan kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB tambah Jerman telah berunding selama berbulan-bulan dalam usaha untuk menyepakati persetujuan menyeluruh untuk memastikan program nuklir Iran bertujuan damai. Sebagai imbalannya, Iran menghendaki pencabutan sanksi internasional yang telah merugikan ekonomi negara itu.

XS
SM
MD
LG