Tautan-tautan Akses

Menlu AS: Amerika Dukung Upaya Pemimpin Afrika Akhiri Konflik


Menlu AS John Kerry saat meninjau Rumah Sakit "Gandhi Memorial" di Addis Ababa (1/5).

Menlu AS John Kerry saat meninjau Rumah Sakit "Gandhi Memorial" di Addis Ababa (1/5).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan Amerika mendukung usaha pimpinan Afrika untuk memerangi konflik paling banyak menelan korban jiwa di benua itu.

Dalam lawatannya ke Addis Ababa, Kamis (1/5) Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan terlalu banyak negara menghadapi resiko terjerumus dalam kekerasan. Ia mencontohkan kekerasan di Republik Afrika Tengah dan pembunuhan yang disengaja terhadap warga sipil di kedua pihak yang bertikai di Sudan selatan. Menurutnya, kenyataan itu mempertegas perlunya segera menggelar usaha bersama untuk meredakan kekerasan.

Kerry mengunjungi markas Uni Afrika di Ethiopia untuk melangsungkan pembicaraan dengan para pejabat mengenai Republik Afrika Tengah, dimana kaum Muslim terpaksa mengungsi untuk menghindari serangan dari milisi Kristen.

Sebelumnya hari Kamis ia bertemu para sejawatnya dari Ethiopia, Uganda dan Kenya untuk membahas tantangan yang dihadapi dalam usaha membuat kedua pihak yang bertikai di Sudan Selatan menghentikan pertempuran maut mereka yang telah berlangsung berbulan-bulan. Para diplomat tertinggi itu sepakat bahwa Sudan Selatan membutuhkan kekuatan sah untuk membantu menstabilkan negara itu.

Amerika telah mengancam akan memberlakukan sanksi perjalanan dan finansial terhadap mereka yang bertanggungjawab atas kekerasan yang mengakibatkan lebih dari satu juta orang terpaksa mengungsi.

Kerry mengatakan, Amerika juga akan membantu Nigeria berurusan dengan militan Islam yang dituding bertanggungjawab atas ribuan kematian.
XS
SM
MD
LG