Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS akan Hadiri Pertemuan Puncak Anti-Korupsi di Eropa


Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry memasuki pesawat (Foto: dok). Kerry akan memulai misi diplomatik empat hari di Eropa dan menghadiri KTT anti-korupsi.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry memasuki pesawat (Foto: dok). Kerry akan memulai misi diplomatik empat hari di Eropa dan menghadiri KTT anti-korupsi.

Pertemuan anti-korupsi hari Kamis (12/5) akan dijamu oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron, dan akan dihadiri antara lain oleh para kepala negara dari Afghanistan, Colombia dan Nigeria.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry memulai misi diplomatik empat hari di Eropa hari ini, di mana ia akan bertemu dengan para pejabat dari beberapa negara dan menghadiri pertemuan puncak anti-korupsi.

Pertemuan anti-korupsi hari Kamis (12/5) akan dijamu oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron, dan akan dihadiri antara lain oleh para kepala negara dari Afghanistan, Kolombia dan Nigeria.

Pertemuan puncak Cameron itu bertujuan untuk menanggulangi korupsi sedunia, dan diadakan beberapa pekan setelah ia terungkap dalam bocoran apa yang disebut Panama Papers mempunyai bagian dalam dana rahasia di luar negeri yang ndibuka oleh ayahnya. Pemimpin Inggris itu mengatakan ia tidak melakukan kesalahan apapun. Publik akan memperoleh akses ke Panama Papers itu, yang menyebut berbagai pemimpin dan pejabat tinggi dunia, mulai hari Senin.

Cameron menyebut korupsi “akar dari sangat banyak masalah dunia,” dan mengatakan ini adalah musuh kemajuan.

“Sudah terlalu lama ada perasaan pantang mengenai penanggulangan langsung masalah ini. Pertemuan puncak itu akan mengubahnya. Dengan bersama-sama kita akan mendorong perjuangan melawan korupsi ke agenda teratas internasional dimana hal itu selayaknya berada,” katanya. [gp]

XS
SM
MD
LG