Tautan-tautan Akses

Menlu AS akan Bertemu PM Israel, Palestina Desak Resolusi PBB


Menlu AS John Kerry saat bertemu dengan PM Israel Benyamin Netanyahu di Tel Aviv, 23 Juli 2014 (Foto: dok).

Menlu AS John Kerry saat bertemu dengan PM Israel Benyamin Netanyahu di Tel Aviv, 23 Juli 2014 (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dijadwalkan mengadakan perundingan di Roma, dengan PM Israel Benyamin Netanyahu dalam persinggahan pertama perjalanannya meninjau masalah Israel-Palestina sekarang, Senin (15/12).

Pertemuan tersebut diadakan sementara para pejabat Palestina mendesakkan sebuah resolusi PBB yang menyerukan diakhirinya pendudukan Israel atas wilayah Palestina dalam dua tahun ini. Sebuah resolusi yang disusun oleh Yordania dapat diajukan ke DK PBB minggu ini.

Setelah bertemu dengan Netanyahu, Kerry berencana bertolak ke Paris untuk berunding dengan menteri-menteri luar negeri Perancis, Inggris dan Jerman.

Hari Selasa, Menlu Kerry telah menjadwalkan perundingan dengan perunding utama Palestina, Saeb Erekat, dan ketua Liga Arab, Nabil Elaraby, di London.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS menyatakan, tujuan Kerry adalah untuk mendengar apa yang ingin disampaikan setiap orang, kemudian menggarap tujuan ke depan bersama, sementara tetap membuka prospek solusi dua negara.

XS
SM
MD
LG