Tautan-tautan Akses

Menlu AS akan Bahas Solusi Konflik Israel-Palestina


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry akan mengemukakan pandangannya mengenai bagaimana konflik yang sudah sangat lama antara Israel dan Palestina dapat diselesaikan, hari ini (28/12).

Masalah tersebut menjadi fokus utama Kerry ketika ia memangku jabatan menteri luar negeri Amerika bulan Februari tahun 2013, tetapi perundingan bertahun-tahun, termasuk beberapa masa diplomasi bolak-balik yang tegang, telah gagal menghasilkan persetujuan mengenai solusi dua negara yang ia pandang sebagai jalan satu-satunya untuk mencapai perdamaian.

Kerry hanya mempunyai sisa waktu satu bulan hingga berakhirnya masa jabatan pemerintahan Barack Obama, jadi kalau persetujuan kelak dicapai, ia bukan orang yang akan terlihat dalam gambar tersenyum dan berjabat tangan dengan pemimpin Israel dan Palestina.

Tetapi juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Mark Toner mengatakan hari Selasa (27/12) bahwa Kerry merasa ia berkewajiban menggunakan sisa masa jabatannya untuk mengajukan apa yang ia pandang sebagai jalan untuk maju.

“Selalu penting berusaha menjaga agar proses tersebut terus maju, untuk membentangkan visi yang konstruktif untuk masa depan, tetapi juga menunjukkan kenyataan bahwa kita belum berhenti berusaha dan kita juga tidak menghendaki Palestina atau Israel putus asa mengenai hal ini,” kata Toner. [gp]

XS
SM
MD
LG