Tautan-tautan Akses

AS

Menlu Amerika Bertolak ke Timur Tengah dan Asia


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry bertolak ke Timur Tengah, Sabtu (6/4). (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry bertolak ke Timur Tengah, Sabtu (6/4). (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry bertolak ke Timur Tengah untuk mendorong kemajuan terkait Suriah dan konflik antara Israel dan Palestina, Sabtu (6/4).

Di Istanbul, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry akan bertemu dengan sejumlah pejabat Turki, termasuk Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan, untuk membahas berbagai upaya mengakhiri perang saudara di Suriah yang telah berlangsung selama dua tahun.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Kerry juga akan mendorong berbagai langkah membangun rasa saling percaya antara Israel dan Palestina, serta memperbaiki hubungan antara Turki dan Israel yang rusak setelah Israel menghadang sebuah armada kapal Turki yang mengangkut bantuan ke Jalur Gaza tahun 2010. Insiden itu mengakibatkan tewasnya delapan warga Turki dan seorang warga Amerika keturunan Turki.

Kerry kemudian akan mengunjungi Inggris, Korea Selatan, Tiongkok dan Jepang. Sebagian besar diskusi di Asia Timur diperkirakan akan terpusat pada program nuklir Korea Utara dan meningkatnya ancaman terhadap Korea Selatan dan Amerika.

Menlu Kerry akan kembali ke Washington dari Tokyo pada 15 April mendatang.
XS
SM
MD
LG