Tautan-tautan Akses

Menlu Amerika Bahas Korea Utara di China


Menlu AS John Kerry (kiri) berbincang dengan PM China Li Keqiang di kompleks Zhongnanhai, Beijing (13/4).

Menlu AS John Kerry (kiri) berbincang dengan PM China Li Keqiang di kompleks Zhongnanhai, Beijing (13/4).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah bertemu Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Beijing guna membahas program nuklir Korea Utara dan sejumlah isu yang terkait.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dijadwalkan bertemu dengan para pejabat China lainnya hari Sabtu (13/4), termasuk presiden baru Xi Jinping, untuk mendesak agar menekan Pyongyang menghentikan sikap bermusuhan dan menghentikan ancaman uji coba misil jarak menengah.

Dalam pidato baru-baru ini, tanpa secara jelas menyebut Korea Utara, Presiden Xi mengatakan "tidak ada satupun negara yang dapat mengacaukan sebuah kawasan dan bahkan seluruh dunia demi keuntungan sendiri."

Hari Jumat di Seoul, Kerry mengatakan Korea Utara akan melakukan kesalahan besar jika melanjutkan rencananya kembali melakukan ujicoba misil.

Para pejabat mengatakan ujicoba misil itu dapat terjadi kapanpun juga. Korea Selatan mengatakan uji coba kemungkinkinan akan dilangsungkan bersamaan dengan persiapan perayaan Korea Utarahari lahir ke 101 pendirinya, Kim Il Sung, hari Senin.
XS
SM
MD
LG