Tautan-tautan Akses

12 Negara Amerika Selatan Dukung Suaka bagi Assange


Polisi Inggris melakukan penjagaan sementara pendiri WikiLeaks Julian Assange memberikan pernyataan dari balkon Kedutaan Ekuador di di London (19/8).

Polisi Inggris melakukan penjagaan sementara pendiri WikiLeaks Julian Assange memberikan pernyataan dari balkon Kedutaan Ekuador di di London (19/8).

Para menteri dari ke-12 negara anggota Serikat Negara-Negara Amerika selatan mengeluarkan pernyataan hari Minggu (19/8) yang mengutarakan solidaritas dengan Ekuador.

Para Menteri Luar Negeri negara-negara Amerika Selatan mendukung Ekuador dan keputusannya untuk memberi suaka kepada pendiri Wikileaks Julian Assange di kedutaannya di London.

Para menteri dari ke-12 negara anggota Serikat Negara-Negara Amerika selatan itu mengeluarkan pernyataan hari Minggu yang mengutarakan solidaritas dengan Ekuador. Para menteri menegaskan hak negara-negara memberi suaka tanpa menghadapi ancaman dari negara-negara lain.

Assange menyambut para pendukung dari balkon kedutaan Ekuador di London hari Minggu, menuduh Amerika Serikat mencari “kambing hitam” dan mengancam wartawan.

Situs Internet Assange, Wikileaks, memuat ratusan ribu dokumen rahasia Amerika tahun 2010. Para pejabat Amerika mengatakan informasi itu dapat membahayakan nyawa tentara Amerika di Afghanistan.

Pihak berwenang Swedia telah mengeluarkan surat izin penangkapan Assange atas tuduhan pelanggaran seks. Ia telah berlindung dalam kedutaan Ekuador. Polisi Inggris telah mengelilingi kedutaan itu, siap menangkap Assange, kalau ia keluar dari pagar kedutaan itu, dan mengekstradisinya ke Swedia.

Assange mengatakan ia khawatir Swedia akan mengizinkan ekstradisinya ke Amerika Serikat.
XS
SM
MD
LG