Tautan-tautan Akses

Menlu AS John Kerry Tiba di Ibukota Arab Saudi


Menteri Luar Negri Amerika Serikat John Kerry dalam konferensi pers di kantor Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di Riyadh (4/3).

Menteri Luar Negri Amerika Serikat John Kerry dalam konferensi pers di kantor Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di Riyadh (4/3).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah tiba di ibukota Arab Saudi, Riyadh, setelah singgah di Kairo, Minggu (3/3).

Dalam pertemuan dengan Presiden Mesir Mohamed Morsi, Minggu (3/3), Kerry mengatakan Amerika akan segera menyediakan $190 juta sebagai bagian dari paket bantuan sebesar $450 juta untuk mendorong reformasi ekonomi yang penting di negara tersebut. Menurut John Kerry, Washington akan memberi tambahan $60 juta untuk memberi dukungan kepada para wirausaha dan kaum muda Mesir.

Pihak Morsi memberikan jaminan bahwa Kairo akan melaksanakan reformasi politik dan ekonomi untuk menstabilkan negara yang rakyatnya bertentangan itu.

Morsi juga berjanji untuk menyelesaikan kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) mengenai paket pinjaman $ 4,8 miliar yang telah terkatung-katung selama beberapa bulan. Menteri Keuangan Mesir mengatakan ia memperkirakan persetujuan dengan IMF akan dicapai sebelum pelaksanaan pemilu legislatif bulan April mendatang.

Lapangan Tahrir di tengah ibukota Kairo kembali rusuh, Minggu malam (3/3), karena para pengunjuk rasa penuntut reformasi bentrok dengan pasukan keamanan dan membakar sedikitnya dua mobil. Bentrokan dengan pasukan keamanan juga terjadi di kota Port Said. Para pejabat militer mengatakan seorang polisi tewas dan puluhan orang cedera dalam insiden tersebut.
XS
SM
MD
LG