Tautan-tautan Akses

Menkeu Zona Eropa Bicarakan Defisit Spanyol dan Dana Talangan Yunani


Menkeu Perancis Francois Baroin (kiri), Menkeu Jerman Wolfgang Schauble (tengah) dan Menlu Findlandia Jutta Urpilainen (kanan) berbincang saat jeda pertemuan menteri ekonomi dan keuangan Eropa (ECOFIN) di Brussels (13/3).

Menkeu Perancis Francois Baroin (kiri), Menkeu Jerman Wolfgang Schauble (tengah) dan Menlu Findlandia Jutta Urpilainen (kanan) berbincang saat jeda pertemuan menteri ekonomi dan keuangan Eropa (ECOFIN) di Brussels (13/3).

Para menteri keuangan dari 17 negara zona Euro mengadakan pertemuan di Brussels untuk membicarakan defisit anggaran Spanyol yang meningkat dan dana talangan baru 172 milyar dolar untuk Yunani.

Para menteri keuangan zona Euro telah memberi Spanyol kelonggaran selagi negara itu berusaha keras menurunkan difisit anggarannya yang sangat besar.

Para menteri yang bertemu di Brussels hari Senin sepakat untuk membiarkan Spanyol memotong defisitnya menjadi 5,3 persen dari produk domestik brutonya tahun ini – lebih tinggi daripada 4,4 persen yang disepakati sebelumnya dengan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy.

Tetapi pimpinan para menteri zona euro, Perdana Menteri Luxembourg Jean-Claude Juncker mengatakan adalah jauh lebih penting bahwa Spanyol menurunkan defisitnya ke batas tiga persen Uni Eropa sebelum tahun 2013.

Defisit anggaran Spanyol tahun 2011 melonjak menjadi 8,5 persen. Spanyol juga memiliki tingkat pengangguran tertinggi Uni Eropa dan telah memotong tajam anggaran belanja pemerintah.

Pekan lalu, Yunani memperoleh persetujuan dari para kreditor swasta untuk menghapuskan 142 milyar dolar darI hutang Yunani kepada mereka. Ini meratakan jalan bagi para menteri zona euro untuk memberikan persetujuan final mereka bagi 172 milyar dolar dana talangan baru untuk Yunani.

Ketua Eurogroup Jean-Claude Junker mengatakan para menteri keuangan menyuruh Spanyol menurunkan defisit tahun 2012 ke 5,3 persen. Para delegasi menekankan Madrid harus mencapai sasaran defisit anggaran tahun 2013, ke bawah tiga persen produk domestik bruto.

Pekan lalu, Yunani memperoleh persetujuan dari para kreditor swasta untuk menghapuskan 142 milyar dolar dari hutang Yunani kepada mereka. Ini meratakan jalan bagi para menteri keuangan yang mengadakan pertemuan di Brussels untuk memberi persetujuan mereka untuk dana talangan internasional yang kedua dalam dua tahun bagi pemerintah Athena.

Yunani mengatakan pihaknya membutuhkan dana talangan itu untuk menghindarkan kegagalan membayar kewajiban keuangannya bulan ini.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan paket pertolongan akan disetujui, dan akan ditanda-tangani pekan ini.

Dengan Yunani mengangsur kembali sisa hutangnya dalam jangka waktu yang lama, para kreditor akan kehilangan kira-kira 75 persen dari jumlah semula uang mereka yang digunakan untuk membeli obligasi Yunani.

XS
SM
MD
LG