Tautan-tautan Akses

Menkeu Yunani Temui Menkeu Zona Euro di Brussels


Para pemimpin Yunani terus berupaya mencapai kesepakatan dalam pemotongan anggaran untuk mengatasi krisis Zona Euro (7/2).

Para pemimpin Yunani terus berupaya mencapai kesepakatan dalam pemotongan anggaran untuk mengatasi krisis Zona Euro (7/2).

Para pimpinan partai Yunani dan Perdana Menteri Lucas Papadermos telah menyepakati pemotongan anggaran Uni Eropa kecuali pemotongan pensiun.

Pembicaraan antara para tokoh politik Yunani mengenai apakah akan menerima tuntutan Uni Eropa akan pemotongan anggaran lagi berakhir Kamis pagi dengan hanya satu masalah yang masih ada.

Para pimpinan ke-3 partai politik anggota koalisi yang memerintah harus menyepakati pemotongan anggaran sebelum Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional memberi dana talangan lagi yang sangat dibutuhkan.

Menurut laporan, para pimpinan partai itu dan Perdana Menteri Lucas Papadermos telah menyetujui semuanya kecuali pemotongan pensiun. Mereka berencana mengadakan pertemuan lagi hari ini.

Sementara itu, Menteri Keuangan Yunani, Evangelos Venizelos, berangkat ke Brussels untuk bertemu dengan para menteri keuangan zona Euro Kamis malam. Mereka harus menyetujui setiap persetujuan dana talangan yang diterima Yunani setelah langkah penghematan diambil.

Tuntutan para kreditor internasional Yunani, antara lain, pemotongan 20 persen upah minimum, 15 persen pemotongan sebagian pensiun, dan penghapusan 15 ribu pekerjaan pegawai negeri. Tanpa persetujuan para pimpinan partai itu, para kreditor tidak akan mau memberi kepada Yunani $ 170 milyar dana talangan baru, yang kedua dalam dua tahun.

Yunani membutuhkan uang itu untuk menghindarkan penunggakan ketika $ 19 milyar pembayaran obligasi jatuh tempo bulan Maret. Yunani sedang merundingkan pertukaran obligasi dengan kreditornya, meminta mereka agar menerima kurang dari jumlah piutang mereka.

Para pekerja Yunani telah mengadakan beberapa kali pemogokan umum dan protes jalanan yang besar, dengan mengatakan mereka tidak dapat lagi memberi pengorbanan.

XS
SM
MD
LG