Tautan-tautan Akses

Menkeu Yunani Optimistis Akan Dapat Perpanjangan Utang


Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis berbicara kepada wartawan setelah pertemuan menteri keuangan zona Eropa di Brussels, Belgia (16/2). (Reuters/Francois Lenoir)

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis berbicara kepada wartawan setelah pertemuan menteri keuangan zona Eropa di Brussels, Belgia (16/2). (Reuters/Francois Lenoir)

Yunani mempunyai waktu sampai akhir bulan ini untuk membayar kembali utangnya kepada para kreditur Eropanya atau merundingkan persetujuan baru.

Menteri keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengatakan Rabu (18/2) ia optimistis Yunani akan menerima perpanjangan sampai enam bulan paket dana talangan yang ada saat ini bagi negara itu dan menghindarkan kemungkinan kebangkrutan.

Athena berencana mengajukan permohonan resmi Kamis.

“Permohonan kami akan ditulis dengan cara yang akan mencakup tuntutan pihak Yunani dan pemimpin kelompok euro,” ujar Varoufakis, menyebut kelompok para menteri keuangan zona euro.

”Kami berada di jalan yang benar. Saya optimistis perundingan akan berakhir dengan baik Kamis besok atau hari berikutnya.”

Yunani mempunyai waktu sampai akhir bulan ini untuk membayar kembali utangnya kepada para kreditur Eropanya atau merundingkan persetujuan baru. Kegagalan dapat berarti gagal bayar dan keluar dari zona euro.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan dana talangan itu tidak akan diperpanjang kecuali jika Yunani melaksanakan reformasi ekonomi yang dijanjikan.

Perdana Menteri baru yang berhaluan kiri Yunani Alexis Tsipras berkampanye dengan janji akan merundingkan kembali paket dana talangan US$270 milyar. Ia mengatakan persyaratannya yang telah disetujui mantan pemerintah kanan moderat telah mempersulit kehidupan banyak warga Yunani.

Menteri Keuangan Amerika Jacob Lew berbicara kepada Varoufakis melalui telepon Rabu, mendesaknya agar mengusahakan kompromi.

Departemen Keuangan Amerika mengatakan Lew memberitahu rekan-rekan Yunaninya bahwa “kegagalan mencapai persetujuan akan segera menimbulkan kesulitan di Yunani, bahwa ketidak pastian tidak baik bagi Eropa, dan persetujuan harus dicapai secepat ungkin.”

Yunani terpukul dengan sangat keras oleh krisis ekonomi global tahun 2008, membutuhkan dana talangan yang sangat besar dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional untuk menghindarkan kehancuran ekonomi.

XS
SM
MD
LG