Tautan-tautan Akses

Menkeu Jerman Yakin Mampu Seimbangkan Anggaran


Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble (foto: dok).

Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble (foto: dok).

Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble Minggu (19/10) mengatakan ia yakin dan mampu untuk menyeimbangkan anggaran Jerman tahun depan.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan yakin dan mampu menepati janjinya untuk menyeimbangkan anggaran tahun depan, dan dalam wawancara yang diterbitkan hari Minggu (19,10) ia menolak usul agar Jerman meminjam dana untuk membiayai investasi publik yang lebih besar.

Kanselir Jerman Angela Merkel tampaknya tetap pada rencana untuk menggerakkan pemerintahan tanpa meminjam dana tahun depan – kebijakan pertama yang diambil sejak tahun 1969 – meskipun perkiraan pertumbuhan Jerman melemah dan kini menghadapi desakan dari luar negeri untuk memompa perekonomiannya.

Dalam suratkabar Welt am Sonntaq, Menteri Keuangan Schaeuble mengakui bahwa “Jerman barus melakukan lebih banyak investasi dan memulihkan daya saing”. “Kami tidak ingin hanya ada pertumbuhan dalam sektor perkreditan” – tambah Schaeuble.

Schaeuble mengatakan merupakan hal penting untuk menepati janji dan menambahkan ia yakin keseimbangan anggaran akan tercapai karena “pajak pendapatan tidak bereaksi cepat atas perubahan ekonomi”.

Schaeuble hari Senin (20/10) akan bertemu menteri keuangan Perancis dan beberapa menteri ekonomi lain di Berlin untuk membahas cara-cara mendorong investasi.

XS
SM
MD
LG