Tautan-tautan Akses

Pemerintah Australia Terus Dorong Lolosnya RUU Pajak Karbon


Perdana Menteri Australia Julia Gillard

Perdana Menteri Australia Julia Gillard

Menkeu Australia memperkirakan RUU Pajak Karbon akan lolos dari lantai parlemen, meskipun RUU tersebut mengundang banyak kontroversi.

Dalam sebuah wawancara dengan TV Sky News pada hari Minggu, Menteri Keuangan Wayne Swan mengatakan RUU tersebut akan dikirim ke parlemen di mana akan diperdebatkan dan berlangsung dengan cepat meskipun adanya pemerintahan minoritas.

Bulan lalu, Perdana Menteri Julia Gillard mengumumkan rencana untuk memungut bea bagi 500 perusahaan pencemar terbesar Australia sebesar 24 dolar untuk setiap ton emisi karbon mulai bulan Juli mendatang. Setelah tiga tahun, pasar berbasis skema perdagangan emisi akan menggantikan pajak tetap itu.

Pihak oposisi menuduh Julia Gillard merugikan perekonomian negara. Tapi, para pendukungnya mengatakan perekonomian Australia yang tergantung pada batubara merupakan pencemar karbon yang lebih intensif daripada lainnya dimana pencemaran harus diatasi.

UU pajak tersebut merupakan bagian dari reformasi ekonomi terbesar Australia dalam waktu lama. Pemerintah telah menjanjikan kompensasi kepada pabrik baja, penambang batubara dan pembangkit listrik untuk memastikan mereka dapat bertahan dalam bisnisnya.

XS
SM
MD
LG