Tautan-tautan Akses

AS

Menkeu AS: Untuk Hindari ‘Jurang Fiskal’, Pajak bagi Orang Kaya Harus Dinaikkan


Menteri Keuangan AS Timothy Geithner menegaskan hanya ada satu solusi untuk menghindari jurang fiskal, yaitu meningkatkan pajak warga kaya AS (2/12).

Menteri Keuangan AS Timothy Geithner menegaskan hanya ada satu solusi untuk menghindari jurang fiskal, yaitu meningkatkan pajak warga kaya AS (2/12).

Menkeu AS Timothy Geithner mengatakan, tidak ada cara lain untuk menghindari 'jurang fiskal' kecuali dengan menaikkan pajak bagi orang kaya di Amerika.

Tarip pajak yang lebih tinggi bagi orang kaya Amerika dan pengeluaran untuk reformasi perawatan kesehatan kaum lanjut usia dan miskin telah muncul sebagai hal yang dipertentangkan dalam perundingan yang macet mengenai kebijakan keuangan pemerintah Amerika.

Presiden Barack Obama, yang baru terpilih kembali, mengatakan ia tidak akan menyetujui penyelesaian apa yang disebut krisis “jurang fiskal” pada akhir tahun ini, tanpa mencabut pemotongan pajak bagi keluarga yang berpenghasilan lebih dari $250 ribu setahun. Tanpa kompromi, $600 miliar anggaran negara harus dipotong dan kenaikan pajak bagi sebagian besar pekerja Amerika akan mulai berlaku tanggal 1 Januari.

Para penentang Obama di Kongres ingin memotong dengan tajam pengeluaran untuk program perawatan kesehatan yang sudah lama berlaku bagi kaum miskin dan kaum lanjut usia, dan memotong dana pemerintah bagi tunjangan pensiun pekerja.

Ketua DPR John Boehner dari partai Republik dengan teguh menentang setiap kenaikan tarip pajak, sementara menyetujui peningkatan pemasukan pemerintah.

Presiden dan ketua DPR itu berbicara melalui telepon Rabu malam (5/12) mengenai cara-cara memajukan perundingan, tetapi keterangan lebih jauh mengenai hal tersebut belum dikeluarkan.

Perunding utama presiden Obama mengatakan, tidak ada cara lain untuk menghindari krisis ekonomi hebat yang disebut “jurang fiskal” kecuali kelompok partai Republik sepakat untuk menaikkan pajak-pajak bagi orang-orang kaya di Amerika.

Menurut Menteri Keuangan Timothy Geithner hari Minggu (2/12), hanya itulah satu-satunya syarat bagi pemerintahan Obama untuk berunding dengan kelompok partai Republik guna mencegah krisis keuangan yang akan menimpa Amerika akhir tahun ini.
XS
SM
MD
LG